LITERASI KEAGAMAAN MELALUI KEGIATAN ALBARJANJI DI DESA TLOGOREJO

Kegiatan pembacaan sholawat merupakan hal yang sangat penting dizaman sekarang ini. selain mengingat atas nabi Muhammad SAW pembacaan sholawat juga bisa melatih diri kita untuk lebih mendekatkan diri kepada Alla SWT. Pembacaan sholawat ini biasanya dilakukan juga dengan pembacaan albarjanji, ada waktu khusus untuk melakukan kegiatan seperti ini yaitu pada malam jumat dan juga pada malam senin.

Kegitan di desa tlogorejo ini dilakukan setiap hari senin dan dilakukan secara bergantian di salah satu rumah warga desa tlogorejo. Zaman sekarang agar pelaku kegiatan tidak bosan untuk selalu mengikuti kegiatan tersebut maka diselingi dengan kesenian rebana sehingga suasan yang ada dalam acara tersebut menjadi seru dan juga tidak membuat para warga jenuh.

Para Mahasiswa KKN-IK IAIN KUDUS terkhusus Mahasiswa yang bertugas didesa Tlogorejo Kecamatan Winong Kabupaten Pati ikut andil dalam kegiatan tersebut seperti menjadi vocal dalam acara pembacaan albarjanji tersebut dan juga menjadi penikmat dalam acara tersebut. Rusadi selaku ketua acara tersebut menyampaikan bahwa insyaallah kegiatan pembacaan albarjanji ini akan terus dilakukan supaya generasi penerus berikutnya dapat melestarikan kegiatan ini agar tidak pudar dilekang waktu.

 

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan